Kenali Penyebab Batuk Berminggu-minggu

ilustrasi: batuk berminggu-minggu

Penyebab Batuk Berminggu-Minggu. Pernahkah Anda mengalami batuk beminggu-minggu yang tak kunjung sembuh meski sudah mencoba berobat ke klinik terdekat. Atau mungkin Anda juga pernah melihat teman yang mengalami batuk selama beberapa minggu yang tak kunjung sembuh. Janganlah kawatir, Faktanya, gejala batuk rata-rata berlangsung sampai 18 hari dan ada juga yang lebih dari itu. Ada alasan yang mungkin dari kondisi tersebut.

Cuaca hujan seperti saat ini bisa membuat seseorang sering terkena penyakit. musim hujan bisa menjadi saat yang paling tepat bagi kuman untuk menularkan penyakit dengan gejala batuk sampai ke paru-paru. Berikut adalah beberapa penyebab seseorang terkena batuk sampai lama dan tidak kunjung reda-reda, seperti dilansir dari womenshealt.


Flu atau Pilek (Satu sampai dua Minggu)

Kuman sering menularkan virus di saat musim hujan , diantaranya dapat menimbulkan gejala seperti hidung meler,sakit tenggorokan, sakit kepala, bersin atau deman dan disertai batuk.

Biasanya setelah Anda mengalami flu berat kemudian lendir masuk ke tenggorokan dan setelah itu Anda mengalami batuk, namun tidak perlu khawatir. Anda dapat mengobatinya dengan cara membeli obat di apotek terdekat ataupun bisa beli ke warung sebelah, carilah obat yang mengandung supresan batuk atau ekspektoran untukmenenangkan paru-paru Anda. Jangan lupa untuk sering bertanya mengenai obat yang Anda beli ke Apoteker.

Untuk meminum obat batuk, waktu yang lebih baik disarankan ketika malam hari. pada saat Anda tidur, obat bekerja membersihkan paru-paru dengan baik. lebih amannya jika Anda mengalami beberapa penyakit seperti di atas ketika musim hujan secara bersamaan, obatilah gejalanya satu persatu untuk mengurangi resiko interaksi obat. 


Bronkitis (beberapa hari sampai beberapa minggu)

Batuk berat yang tidak kunjung sembuh bisa saja itu tanda bronkitis. Radang saluran bronchial ini sering dimulai dengan pilek ringan yang kemudian berkembang menjadi lebih berat, dengan batuk basah yang tidak kunjung berhenti, bahkan disertai dengan dahak berwarna-warni (kadang kuning-kadang oranye)

Cara mengobatinya bisa dengan istirahat yang cukup dan terapi menggunakan air hangat untuk memecah lendir yang menempel di paru-paru atau inhealer untuk membuka saluran pernapasan. Namun butuh proses untuk sembuh. Jika bronkitis disebabkan infrksi bakteri, Anda perlu antibiotik untuk membersihkan segalanya.


Pneumonia (Beberapa minggu sampai berbulan-bulan)

Ketika batuk Anda bisa mengalami keluhan ringan sampai berat di saat kantung udara di paru-paru Anda terinfeksi (karena virus, bakteri atau jamur). Gejala tersebut termasuk phlegmy atau batuk kering, demam, sesak napas, perubahan warna lendir. Batuk kering sangat menyiksa sekali, karena ketika batuk terasa sangat sakit sekali di dada. 

Orang dewasa atau remaja yang mengalami batuk seperti ini butuh perawatan medis di rumah sakit. Skrining X-ray di rongga dada biasanya disarankan untuk mendiagnosis adanya infeksi, dan peresepan antibiotik untuk mengeluarkan bakteri dari paru-paru Anda.